Lightwave 3D
Lightwave 3D adalah sebuah perangkat lunak komputer grafis
3D yang dikembangkan oleh NewTek. Ini telah digunakan dalam film, televisi,
grafis gerak, lukisan matte digital, efek visual, pengembangan video game,
desain produk, visualisasi arsitektur, produksi virtual, video musik,
pra-visualisasi dan iklan.
Overview
Lightwave adalah paket perangkat lunak yang digunakan untuk
rendering gambar 3D, baik animasi dan statis. Ini mencakup mesin render cepat
yang mendukung fitur-fitur canggih seperti refleksi realistis dan refraksi,
radiosity, caustic, dan 999 gratis cross-platform membuat node. The 3D modeling
komponen mendukung pemodelan poligon dan permukaan subdivisi. Komponen animasi
memiliki fitur seperti kinematika terbalik dan maju untuk animasi karakter,
sistem partikel dan dinamika. Pemrogram dapat memperluas kemampuan Lightwave
yang menggunakan SDK disertakan yang menawarkan LScript scripting (bahasa scripting
proprietary) dan antarmuka bahasa C umum. Dengan versi 11 dan seterusnya,
dukungan Python tersedia.
Modeler dan Layout
Lightwave terdiri dari dua program terpisah : Modeler dan
Layout. Setiap program dirancang khusus untuk memberikan ruang kerja khusus
untuk tugas-tugas tertentu . Ketika dua program yang berjalan secara bersamaan
, proses ketiga disebut Hub dapat digunakan untuk secara otomatis
mensinkronisasi data.
Layout berisi sistem animasi dan penyaji yang menyediakan
pengguna dengan beberapa pilihan termasuk opsi ray tracing , multithreading ,
pencahayaan global, dan parameter output. Modeler , seperti namanya , mencakup
semua fitur pemodelan yang digunakan untuk membuat model 3d yang digunakan
dalam animasi dan rendering komponen . Hal ini berbeda dengan kebanyakan 3D
paket komputer grafis yang biasanya mengintegrasikan penyaji dan pemodel .
Sebuah perdebatan lama di komunitas pengguna Lightwave telah terdiri dari
apakah atau tidak untuk mengintegrasikan Modeler dan Layout menjadi satu
program . Menanggapi hal ini , NewTek telah memulai proses integrasi dengan
memasukkan beberapa alat pemodelan dasar dengan Layout.
Ada juga mesin render perintah baris berbasis jaringan
bernama Screamernet yang dapat digunakan untuk mendistribusikan tugas render di
sejumlah besar komputer jaringan . Hal ini digunakan untuk mengurangi
keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah proyek tunggal dengan
memiliki komputer masing-masing render bagian dari keseluruhan proyek secara
paralel . Screamernet mencakup semua fitur dari mesin rendering yang
terintegrasi di Layout tetapi tanpa antarmuka pengguna interaktif .
Features
Dynamics
Lightwave dilengkapi dengan semua dinamika yang diperlukan
seperti hard tubuh, tubuh lunak dan kain . Dinamika tubuh keras melengkapi
pengguna untuk mensimulasikan efek seperti batu longsor , bangunan penghancuran
dan efek pasir , menggunakan gaya realistis seperti gravitasi dan tabrakan .
Tubuh lembut melengkapi pengguna dengan alat yang dapat mensimulasikan jelly
atau lemak bergoyang pada karakter kelebihan berat badan . Hal ini juga dapat
diterapkan untuk karakter untuk efek rambut yang dinamis . Kain dapat
diterapkan untuk pakaian untuk karakter . Hal ini juga dapat digunakan untuk
rambut untuk mensimulasikan gerakan rambut yang lebih realistis . CORE
subsistem Lightwave 11 mencakup mesin dinamika kaku - badan baru yang disebut
Bullet . Dukungan Softbody ditambahkan dengan 11,5 . Kendala tidak tersedia .
Hypervoxels
Hypervoxels adalah sarana untuk membuat efek animasi
partikel yang berbeda . Mode operasi memiliki kemampuan untuk menghasilkan
penampilan yang meniru :
- Blobby metaballs untuk hal-hal seperti air atau merkuri , termasuk pengaturan refleksi atau permukaan refraksi
- Sprite yang mampu mereproduksi efek seperti kebakaran atau berkelompok burung
- Volume shading untuk simulasi awan atau efek jenis kabut
Material shaders
Lightwave dilengkapi dengan editor tekstur nodal yang datang
dengan koleksi tujuan khusus shader material. Beberapa jenis permukaan yang
shader ini telah dioptimalkan meliputi:
tujuan umum bahan hamburan bawah permukaan untuk bahan
seperti lilin atau plastik
kulit realistis , termasuk hamburan bawah permukaan dan
beberapa lapisan kulit
logam , reflektif , bahan menggunakan algoritma konservasi
energi
transparan , bahan bias termasuk jumlah algoritma refleksi
internal akurat
Nodes
Dengan LW 9 , Newtek menambahkan Node editor untuk Permukaan
Editor dan bagian Mesh Pemindahan Lightwave . Mereka juga merilis SDK namun
Node dengan perangkat lunak , sehingga setiap pengembang dapat menambahkan
Editor Node mereka sendiri melalui plug-in , dan beberapa telah melakukannya ,
terutama Denis Pontonnier , yang menciptakan bebas untuk download editor node
dan banyak node utilitas lainnya untuk semua kelas SDK di Lightwave . Ini
sekarang berarti pengguna dapat menggunakan node untuk memodifikasi gambar dan
membuat , tekstur prosedural , memodifikasi bentuk hypervoxels , mengendalikan
gerakan benda , mengemudi saluran animasi , dan menggunakan hal-hal seperti
partikel dan jerat lain untuk mendorong fungsi-fungsi ini . Hal ini telah
sangat meningkatkan kemampuan Lightwave mandiri . Daerah simpul Lightwave terus
berkembang , dengan lampu volumetrik sekarang dikontrol dengan node .
LScript
LScript adalah salah satu bahasa scripting Lightwave . Ini
menyediakan satu set fungsi prebuilt yang dapat digunakan ketika scripting
bagaimana Lightwave berperilaku .
Python
Dengan LW 11 , Newtek menambahkan dukungan Python sebagai
pilihan untuk scripting kustom .
Bullet Physics
Dari LW 11 , Newtek telah menambahkan Dinamika Bullet
dukungan untuk tubuh keras dan tubuh lunak . Aspek seperti kendala belum
diimplementasikan .
Lightwave SDK
SDK ( Software Development Kit ) menyediakan satu set kelas
C untuk menulis plugin asli untuk Lightwave.
Berikut video tutorial lightwave 3D :
Berikut video tutorial lightwave 3D :
Rhinoceros
Ada yang spesialis dengan yang namanya
solid, ada yang spesialis menggunakan surfece, dan ada yang spesialis
menggunakan mesh. yang sebenarnya 3 spesialis ini merupakan perangkat atau tool
yang ada di tiap-tiap software. misalnya di 3ds max, ketiga istilah itu muncul
dengan nama yang berbeda pada software lain juga ada. Tidak kalah juga di
software rhino ini.
Di Rhinoceros ada
3 elemen penting yang harus kita kuasai untuk bisa membuat objek 3D:
Curve
Istilah lain
curva ini adalah garis, di software lain ada yang manamakannya splin, atau ada
juga hanya menamakannya line. tapi istilah curva pada rhino itu meliputi semua
bentuk garis. mualai dari line, polyline, poligon, circle, rectangle, dsb. dengan
kata lain curve itu semua yang berbentuk garis. dan biasanya ini menjadi peran
pertama desain 2d dan pondasi bagi 3d.
Surface
Surface bisa
diibaratkan sebuah lembaran. dimana lembaran-lembaran ini bila kita sambungkan
satu dengan yang lainnya akan bisa membentuk objek 3d. dan lembaran atau
surface ini tercipta dengan bantuan curve. dengan kata lain untuk membuat
surface terlebih dahulu kita harus membuat pondasinya dengan garis/ curve.
Solid
Solid
artinya padat. atau dengan kata lain tidak ada celah untuk keluar masuk udara
atau air. Contohnya balok. Jadi arti solid itu sendiri adalah sebuah gambar
yang benar-banar rapat, entah itu terbuat dari lapiasan/ surface atau memang
terbentuk dari benda solid.
Berikut video tutorial Rhinoceros :
Berikut video tutorial Rhinoceros :
Blender
Blender
adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di
kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender
tersedia untuk berbagai sistem operasi.
Keunggulan Blender
3D
- Interface yang user friendly dan tertata rapi.
- Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
- rendering, compositing, post production dan game creation.
- bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun
- dan sistem operasi yang lainnya.
- Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih
- cepat dan efisien.
- Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
- File Berukuran kecil.
- Free (gratis).
Adapun keunggulan
Interface pada Blender secara umum adalah sebagai berikut :
- Revolusioner yang tidak tumpang tindih dan non-blocking UI memberikan alur
- kerja tak tertandingi
- Fleksibel dan bisa diatur tata letak jendela dengan layar setup sebanyak yang
- dengan dukungan terjemahan internasional
- Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva
- editor, NLA, tampilan 3D dll)
- text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
- text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
- Custom tema
- Antarmuka konsisten di semua platform
Berikut video tutorial Blender :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar